Minggu, 03 Februari 2013

Contoh laporan study tour jogja

STUDY TOUR TO JOGJA

Jl.Sukabakti II Curug Kode Pos 15810 Telp.(021).5980883

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb
Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Allah S.W.T atas berkat rahmat yang diberikan pada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yaitu membuat laporan yang berjudul “ Study Tour To Jogja “
Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat :
1.      Bapak Drs. Heri Susanto. M.pd selaku kepala sekolah SMP N 1 Curug Tangerang
2.      Bapak Supriyono selaku wali kelas VIII.2 SMP N 1 Curug Tangerang
3.      Serta guru-guru pembimbing lainnya yang telah membantu penulis menyelesaikan laporan ini
4.      Teman-teman di kelas VIII.2 SMP N 1 Curug Tangerang
5.      Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis,
Semoga Allah S.W.T, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya konstruktif sangat diharapkan oleh penulis.

Penyusun

BAB III
PENDAHULUAN

1     Latar Belakang Kegiatan
Proses belajar bagi siswa/i tidak hanya dilakukan didalam kelas saja tetapi dapat juga di luar kelas. Dan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap sesuatu yang belum kita ketahui maka perlu di adakannya kunjungan ke objek-objek peninggalan bersejarah.

2      Tujuan Kegiatan
Tujuannya untuk melihat secara langsung benda-benda atau bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi kekayaaan dan mengetahui sejarah-sejarahnya dan juga untuk mengetahui ragam budaya yang ada di sekeliling kita dan melihat salah satu keajaiban dunia yang ada di wilayah Republik Indonesia, sehingga timbul rasa memiliki untuk menjaga dari kerusakan dan melestarikannya.

BAB IV
ISI
1       Perjalanan/Keberangkatan
Tanggal 28 Desember pada hari Jumat pagi kami para siswa berangkat dari kampus Sarinah , sekitar pukul  09.00 kami berhenti di pom bensin kilometer 57, jam 13.35 kami berhenti untuk makan siang di RM. Haur Koneng Tasikmalaya, sekitar jam 16.30 kamisudah sampai di Propinsi Jawa Tengah, jam 18.30 kami berhenti di RM.Jatilawang Wangon Banyumas. Sekitar jam jam 21.30 berhenti di Pom bensin Kebumen, dan sekitar Jam 11 an rombongan bis 1 berhenti entah kenapa, setelah bertanya-tanya ternyata bis 1 menunggu rombongan bis lain yang tertinggal jauh, sekitar jam 01.25dini hari kami pun sampai di Hotel Galuh Prambanan Klaten dan kami lanssung chek in ke kamar kami masing-masing
Perjalanan untuk mencapai tujuan melalui berbagai kota dan kabupaten dan provinsi, seperti Jakarta,Bekasi,Bandung,garut,Tasikmalaya, Banjar, Majenang, Wangon, Gombong, Kebumen, Karang Anyar, Kutoarjo, Puwerjo, Wates, dan Jogja. Selama di perjalanan kami di suguhkan dengan pemandangan yang mempesona yang jarang kita temukan di Jakarta dan selama di dalam bis cukup mengasikan kami rombongan bis 1 menyanyi bersama, bercanda, bahkan berfoto.

2    Obyek Wisata

2.1. Candi Prambanan
Hari pertama di jogja tau hari ke-2 setelah keberangkatan, candi Prambanan adalah tempat pertama yang kami kunjungi sekitar jam 09 pagi kami sampai di candi Prambanan sebelum memasuki komplek Candi Prambanan kami di beri  kain batik untuk memasuki komplek Candi Prambanan dan berfoto bersama  wali kelas di depan komplek Prambanan, setelah itu kami di beri penjelasan tentang sejarah Prambanan oleh pemandu study tour kami di candi Prambanan.
Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi. Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, ada 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang. Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.
2.2. Museum Dirghantara
Sesampainya kami disana kami  langsun menuju pintu masuk ke Museum Dirghantara, kami  berkumpul di depan pintu masuk dan di beri instruksi dan peraturan-peraturan yang ada di museum tersebut terlebih dahulu. Setelah itu kami langsung memasuki ruang utama di sana kami di beri penjelasan tentang sejarah museum Dirghantara, setelah itu kami langsung memasuki diorama-diorama yang ada di sana
Museum yang didirikan pada tanggal 4 April 969 di jalan Tanah Abang, Bukit, Jakarta oleh Panglima Angkatan Udara Laksmana Udara Rusmin Nuryadin. Bulan November 1977 dipindahkan dan digabungkan dengan Museum Ksatrian AAU (Akademi Angkatan Udara) di pangkalan Adisucipto Yogyakarta. Pada tanggal 29 Juli 1978 diresmikan sebagai Museum Pusat TNI AU “ Dirgantara Mandala”. Pada tahun 1984, museum dipindahkan kewonocatur.
      Saat ini, museum ini memiliki koleksi sejumlah 10.000 buah, 36 pesawat terbang, 1.000 foto, 28 diorama, lukisan-lukisan, tanda kehormatan, pakaian dinas, dan sejumlah koleksi buku yang disimpan di perpustakaan. Koleksi masterpiece adalah repliKa pesawat Dakota VT-CLA milik perusahaan penerbangan India yang ditembak jatuh di daerah Ngoto, bantul oleh Belanda ketika hendak mendarat di Maguwo Yogyakarta

2.3.  Tempat oleh-oleh khas jogja Bakpia patok 75
Di tempat ini kami bisa membeli berbagai oeh-oleh khas jogja, seperti Bakpia patok yang terkenal dan aneka oleh-oleh lainnya.

2.4.  Imogiri
Imogiri adalah tempat yang sangat berkesan. Pada awalnya kami tidak tahu apa itu imogiri dan tempat apa  itu. Dan setelah bertanya kami pun mengetahuinya ternyata itu adalah tempat pemakaman para raja-raja. Sebelum memasuki makam raja, terdapat banyak anak tangga yang lebarnya sekitar 4 meter dengan kemiringan 45 derajat yang menghubungkan pemukiman dengan makam. Anak tangga di Pemakaman Imogiri berjumlah 409 anak tangga. Menurut mitos yang dipercayai oleh sebagian masyarakat, jika pengunjung berhasil menghitung jumlah anak tangga dengan benar, maka semua keinginannya akan terkabul. Karna kami kelelahan menaiki anak tangga jadi kami hanya menhitung anak tangga pada saat menuju ke pendopo saja. J
           Pada saat Kerajaan Mataram ingin menguasai Jayakarta, ada seorang penghianat yang bernama Tumenggung Endranata memberitahukan kepada Belanda bahwa Kerajaan Mataram ingin menguasai Jayakarta dan memberitahukan keberadaan lumbung-lumbung pangan prajurit Kerajaan Mataram. Mengetahui penghianatan tersebut, Tumenggung Endranata ditangkap dan dipenggal kepalanya. Jasadnya dibagi menjadi 3 bagian dan dikubur di areal Permakaman Imogiri secara terpisah, yaitu:
·         Kepalanya dikubur di tengah-tengah Gapura Supit Urang
·         Badannya dikubur di bawah tangga dekat Gapura Supit Urang (Anak tangga yang permukaannya tidak rata)
·         Kakinya dikubur di tengah kolam
Hal ini dilakukan oleh Sultan Agung agar setiap orang yang ingin mengunjungi makam pasti menginjak salah satu dari bagian-bagian jasadnya dan untuk mengenang sekaligus memperingatkan rakyatnya agar penghianatan tidak terjadi lagi.
2.5.            Malioboro
Tempat terakhir yang di kunjungi pada hari ke-2 yang menjadi kenangan adalah Malioboro. Malioboro adalah sebuah nama jalan di Jogjakarta yang sangat terkenal, di jalan tersebut dipenuhi dengan para penjual seperti; penjual makanan khas jogja, baju, tas, dll yang berhubungan dengan jogja. Pada saat kami turun dari bis kami melihat para penjual yang sibuk menawarkan barang dagangannya pada para pengunjung, karna saking banyaknya pennjual saya sempat bingung mau beli oleh-oleh apa J. Tapi stelah 2 jam lamanya mengelilingi malioboro akhirnya dapat juga oleh-olehnya.

2.6.  Benteng Vredreburg
Bentang Vredeburg tempat pertama di hari terakhir yang kami kunjungi. Di sana kami langsung disuruh berkumpul dan duduk di depan diorama 1 seperti di tempat-tempat lainnya kami di beri penjelasan tentang Benteng Vredeburg, sehabis itu kami langsung memasuki diorama 1. Sewaktu memasuki  Diorama saya dan teman-teman saya tidak terlalu mendengarkan apa saja yang di jelaskan oleh pemandu. Di sana kami bisa melihat-lihat miniatur-miniatur yang ada di sana dan tak lupa kamipun berfoto-foto. J

2.7.   Candi Borobudur
Borobudur, jalan menuju candi Borobudur membutuhkan perjuangan kami harus jalan + 2 KM (itu sudah termasuk smapai di candi)  dari tempat bis parkir. Setelah sampai di pintu masuk kami berbaris untuk memasuki kawasan Borobudur. Dari kejauhan candi Borobudur sudah terlihat. Di sana kami berfoto bersama teman-teman yang lain.
Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.
Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.

2.8.  Goa Jati Jajar
Goa Jati Jajar adalah tempat yang terakhir yang kami kunjungi. Sesampainya dipintu masuk Goa Jati Jajar kami  menjalankan sholat Magrib terlebih dahulu setelah itu kami langsung berjalan kemulut gua sesampainya di sana kami lengsung di beri panjelasan tentang Goa Jati Jajar.
Di dalam Gua Jatijajar banyak terdapat Stalagmit dan juga Pilar atau Tiang Kapur, yaitu pertemuan antara Stalagtit dengan Stalagmit. Kesemuanya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah bereaksi dengan batu-batu kapur yang ditembusnya. Menurut penelitian para ahli, untuk pembentukan Stalagtit itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam satu tahun terbentuknya Stalagtit paling tebal hanya setebal 1 (satu) cm saja. Oleh sebab itu Gua Jatijajar merupakan gua Kapur yang sudah tua sekali.
Diorama yang di pasang dan dalam Gua Jatijajar ada 8 (delapan) deorama, yang patung-patungnya ada 32 buah. Keseluruhannya mengisahkan cerita Legenda dari "Raden Kamandaka - Lutung Kasarung". Adapun kaitannya dengan Gua Jatijajar ialah, dahulu kala Gua Jatijajar pernah digunakan untuk bertapa oleh Raden Kamandaka Putera Mahkota dari Kerajaan Pajajaran, yang bernama aslinya Banyak Cokro atau Banyak Cakra.
Di dalam Gua Jatijajar terdapat 7 (tujuh) sungai atau sendang, tetapi yang data dicapai dengan mudah hanya 4 (empat) sungai yaitu:
1.      Sungai Puser Bumi
2.      Sungai Jombor
3.      Sungai Mawar
4.      Sungai Kantil
Untuk sungai Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing. Sedangkan Sungai Mawar konon airnya jika untuk mandi atau mencuci muka, mempunyai khasiat bisa awet muda. Adapun Sendang kantil jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-citanya akan mudah tercapai.Pada saat ini yang telah dibangun baru Sendang Mawar dan Sendang Kantil, Sedangkan Sendang Jombor dan Sendang Puser Bumi masih alami dan masih belum ada penerangan serta licin.
3     Perjalanan Pulang
Perjalnan pulang kami lanjutkan dari Goa Jati Jajar Kebumen  sekitar jam 08.25 WIB. Jam 09.45 malam kami sampai di RM. Jati Lawang Banyumas untuk makan malam. Sehabis itu kami langsung melanjutan perjalanan pulang, karna hari sudah larut malam dan kami kelelahan kamipun tertidur pulas dan tedak tahu kota apa saja yang kami lewati. Dan sekitar  pukul 04.45 pagi kami sampai di Tol Cikampek dan kamipun berhenti di Pombensin Cikampek untuk sholat  subuh. Setelah itu kami melanjutkn perjalanan kami menuju Tangerng tercinta. J sekitar jam 07.00 kami sampai di Tangerang. Dan kembali kerumah masing-masing.

BAB VI
PENUTUP

Kesan dan Pesan
Saya merasa sangat senang dengan diadakannya study tour ini karna selain untuk menambah pengetahuan di sini kami juga bisa bersenang-senang. Dan ini merupakan pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan. J

Saran – saran
Saya harapkan  siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan apa bila di adakannya
Tour kembali. Saya harap agar semua siswa bisa ikut semua dan saya sangat mengharapkan untuk ketepatan waktunya agar siswa tidak merasa kesal karna terlalu lama.